Wednesday, June 12, 2013

Polusi Cahaya Menghambat Penyu Bertelur

Penyu selalu bertelur pada malam hari di pantai-pantai yang masih tergolong alami. Tidak ada sampah plastik, polutan dan benda-benda asing yang kemungkinan akan menghambat proses bertelurnya.

Tapi ternyata bukan hanya sampah dan benda asing yang mengubah pantai yang menurut penyu menjadi tempat yang tidak layak sebagai tempat bertelur.

Sebuah studi yang dilakukan tim peneliti dari University of Queensland di Australia menemukan bahwa cahaya malam hari di sekitar pantai yang biasanya dipancarkan dari lampu penerangan, akan mencegah penyu untuk berkunjung dan bertelur di pantai.

Studi tersebut dilakukan dengan membandingkan gambar dari orbit dengan peta yang menunjukkan beberapa area di Israel di mana penyu bersarang. Para peneliti tersebut menemukan bahwa penyu lebih memilih bertelur di sepanjang pantai yang gelap.

Seperti diketahui, penyu termasuk binatang nocturnal atau binatang yang beraktivitas di malam hari. Binatang tipe ini selalu menghindari sinar atau cahaya. Penelitian tersebut bermanfaat untuk konservasi penyu di seluruh penjuru dunia.
MNN



View the Original article

No comments:

Post a Comment