Tuesday, August 27, 2013

PONSEL ANTI SADAP MADE IN LIPI BISA UNTUK EARLY WARNING SYSTEM TSUNAMI

Ponsel Anti Sadap made in LIPI Bisa untuk Early Warning System Tsunami
Selasa, 27 Agustus 2013

Jakarta - Ponsel cerdas anti sadap BandrOS yang dikembangkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tak hanya untuk keperluan intelijen. Fungsi lain yang masih terus dikembangkan adalah untuk early warning system bencana tsunami.

"Kita kembangkan juga dengan ristek untuk early warning system tsunami. Itu bisa dipakai di semua HP, karena sudah lebih aplikatif," cerita Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI, LT Hadoko di Puspiptek, Serpong, Tangerang, Senin (26/8/2013).

Khusus untuk fungsi-fungsi yang berkaitan dengan kebencanaan, LIPI akan membuka open source. Dengan bisa ditemui dengan mudah aplikasi ini di playstore, maka siapapun bisa berpartisipasi mendistribusikan informasi.

"Jadi kita bikin semacam whatsap, ada aplikasi khusus terhubung ke server. Jadi informasi kebencanaan dari BMKG dan badan bencana semuanya masuk," lanjutnya.

Selain itu, teknologi ini bisa digunakan untuk rekap data pemilu. Handoko menjelaskan, rekapitulasi dengan menggunakan smartphone BandrOS akan lebih aman dan murah.

"Dulu pakai komputer sudah mahal, penditribusian repot, listrik belum pasti ada. Kalau HP bisa lebih secure, kita bisa lock sehingga data yang dikirim ke HP hanya bisa digital dan kita tau persis itu dari HP tersebut," ulas Handoko.



» Arsip
» Diakses : 25 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment