Tuesday, August 27, 2013

MENRISTEK: BUS LISTRIK COCOK BAGI EKSEKUTIF DI JAKARTA

Menristek: Bus Listrik Cocok Bagi Eksekutif di Jakarta
Selasa, 27 Agustus 2013

Serpong - Bus listrik buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan pelat nomor D 7112 C resmi dikenalkan kepada Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta.

Gusti mengatakan kalau bus listrik yang bernama Evina Executive Mobile Meeting sangat cocok digunakan di Jakarta. Karena kondisi yang macet jadi bisa digunakan rapat di tengah jalan.

"Saya kira bus listrik ini cocok sekali karena Jakarta ini macet jadi bisa digunakan untuk rapat di jalan," kata Gusti di Graha Widya Bhakti DRN, Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (26/8/2013).

Gusti menambahkan kalau sebelum bus listrik untuk rapat ada juga bus listrik Evina yang sudah digunakan di Yogyakarta sebagai alat angkut penumpang umum. Itu membuktikan bahwa Indonesia bisa membuat mobil listrik yang tak kalah baik dengan negara lain.

"Nanti kita juga akan tampilkan bus-bus listrik ini di TMII dalam rangka hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada tanggal 29 Agustus 2013," pungkasnya.

Bus listrik Evina ini memiliki keunggulan terutama dalam hal efisiensi penggunaan energi dua kali lebih efisien dibandingkan dengan kendaraan berbasis motor bakar (mesin konvesional).

Menurunkan biaya operasional dari 50 persen, menurunkan biaya peraawatan lebih dari 70 persen, tanpa emisi gas buang, bahan bakar flexible dan dapat diperbaharui, pengisian energi flexible, biaya infrastruktur stasiun pengisian energi sangat murah.

(ady/ddn)



» Arsip
» Diakses : 12 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment