Tuesday, August 20, 2013

BPPT GELAR PAMERAN TEKNOLOGI DALAM RANGKA HUT KE 35

Category: Berita Layanan Info Publik

“Pameran teknologi ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari jadi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang ke 35, sekaligus juga menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 18 yang jatuh pada 10 Agustus lalu. Produk yang ditampilkan merupakan hasil perekayasaan BPPT yang sebagian besar sudah diterapkan,” demikian dikatakan Kepala BPPT,  Marzan A Iskandar pada acara pembukaan Pameran Teknologi “Inovasi dan Teknologi untuk Kemandirian Bangsa” di BPPT (20/08).

Guna menyambut HUT BPPT tersebut, Marzan mengungkapkan bahwa BPPT telah melakukan serangkaian kegiatan-kegiatan yang  terkait dengan pengkajian dan penerapan teknologi serta desiminasi sosialisasi dari hasil karya BPPT.

 “Mudah-mudahan pameran kali ini akan menarik bagi rekan-rekan dan mitra-mitra kita di sektor industri untuk bekerjasama dengan BPPT dalam melakukan proses industrilisasi atau melakukan produksi masal dari hasil-hasil karya teknologi BPPT,”  tutur Marzan.

Dalam pameran ini, BPPT menampilkan alat pembaca kartu elektronik (card reader) e-KTP, demo e-voting, pesawat udara nir awak jenis Sriti, Wulung dan Alap-Alap. Tak hanya itu, pameran yang akan berlangsung hingga 22 Agustus 2013 ini menampilkan berbagai produk kesehatan seperti obat herbal dan kosmetik. Kemudian terkait diversifikasi pangan BPPT juga menampilkan hasil olahan tanaman Sorgum.

Dalam hal kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, BPPT menampilkan sebuah pangan darurat yakni BiskuNeo. Produk ini adalah sebuah biskuit yang telah direkayasa dengan komposisi pangan yang mampu memberikan daya tahan bagi korban bencana alam yang mengkonsumsinya. Di samping itu, BPPT juga menampilkan berbagai rekayasa teknologi energi alternatif seperti produk biodiesel, pembangkit listrik tenaga panas bumi dan fotovoltaik.

Sebagai bagian dari program difusi Iptek ke masyarakat ini juga akan diadakan Temu Iptek Pelajar yang akan berlangsung hari ini 20 Agustus di Auditorium BPPT, dan Bincang Iptek BPPT yang akan mengundang media massa dan mahasiswa, yang akan berlangsung besok, 21 Agustus di Ruang Komisi 1-3 BPPT. (SYRA/humas)



View the Original article

No comments:

Post a Comment