Sunday, August 25, 2013

MENRISTEK: INDONESIA HARUS EKSPOR BAHAN JADI

Menristek: Indonesia Harus Ekspor Bahan Jadi
Minggu, 25 Agustus 2013

Jurnas.com | INDONESIA terus menjadi negara pengekpor bahan baku terbesar di dunia. Tercatat, negara ini penghasil kopi terbesar ketiga dunia, penghasil pisang terbesar ke-7, penghasil minyak sawit (CPO) dan karet terbesar, penghasil teh terbaik no.1 di dunia, penghasil rotan terbesar di dunia dan lain-lain.

Walaupun semua prestasi itu merupakan sesuatu yang membanggakan, saatnya, Indonesia didorong mengolah bahan-bahan itu sebelum di ekspor.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan, sudah saatnya negara ini dapat mengekpor bahan jadi. "Kita tidak usah lagi bangga sebagai pengekspor bahan baku," katanya usai menyaksikan pemberian Anugerah Sarwono Prawirohardjo kepada Prof. Dr. Thomas Djamaluddin di auditorium LIPI, Jakarta, Jumat (23/8).

Menurunya, adalah sesuatu yang miris melihat bahan baku tersebut diekspor ke luar negeri, namun bahan baku yang sama seteleh diolah diimpor lagi oleh pengusaha dengan harga yang sangat mahal.

Dia berharap, ilmuwan Indonesi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja untuk memastikan bahan-bahan baku nasional dapat diolah di dalam negeri.



» Arsip
» Diakses : 20 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment