Friday, August 23, 2013

LIPI BERI PENGHARGAAN UNTUK TOKOH ASTRONOMI

LIPI Beri Penghargaan untuk Tokoh Astronomi
Jumat, 23 Agustus 2013

(Jakarta, 23 Agustus 2013-Humas LIPI). Sebagai lembaga keilmuan terbesar dan tertua di Indonesia, LIPI memiliki tradisi panjang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan nasional. Pun begitu dengan tradisi perayaan hari ulang tahun LIPI yang jatuh setiap tanggal 23 Agustus. Setiap tahunnya LIPI memberikan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo dan Sarwono Prawiroharjo Memorial Lecture untuk sosok-sosok anak bangsa yang memiliki prestasi dan dedikasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Penghargaan Sarwono Prawirohardjo dan Sarwono Prawiroharjo Memorial Lecture merupakan penghormatan atas jasa-jasa Sarwono Prawirohardjo sebagai Bapak LIPI, sekaligus Ketua LIPI pertama periode 1967-1974.

Untuk tahun ini, Penghargaan Sarwono Prawirohardjo diberikan kepada Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan Antariksa nasional. Beliau sangat aktif memberikan advokasi saintifik yang sangat berharga kepada pemerintah dan masyarakat luas tentang metoda penggunaan penanggalan komariah untuk menentukan tanggal-tanggal penting keagamaan seperti awal Ramadhan, Iedul Fitri, dan Iedul Adha, jelas Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim.

Dirinya menambahkan, Thomas juga berperan dalam Program Penyusunan Tafsir Ilmi yang merupakan kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan LIPI. Program ini telah menghasilkan sejumlah buku dengan berbagai tema pembahasan berbasis keilmuan, seperti tanah, air, angkasa, alam raya, dan sebagainya.

Sedangkan yang terpilih memberikan orasi untuk Sarwono Prawiroharjo Memorial Lecture pada tahun 2013 ini adalah Direktur Utama PT. Pertamina Karen Agustiawan yang dinilai berhasil mengangkat Pertamina sebagai perusahan minyak dan gas berkelas dunia dalam daftar 500 perusahaan terbesar dunia versi majalah ekonomi terkemuka Fortune Global . Semua prestasi tersebut beliau capai dalam dunia perminyakan dimana dominasi pria sangat signifikan, sehingga prestasi beliau sebagai seorang perempuan menurut hemat kami adalah lebih dari sekedar signifikan, terang Lukman.

Menteri Negara Riset dan Teknologi RI Prof.Dr.Ir.H. Gusti Muhammad Hatta, MS memberi apresiasi terhadap langkah LIPI yang memberikan penghargaan di bidang iptek. Sesuai UU Nomor 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Iptek , perlu sistem penghargaan yang adil untuk meningkatkan keahlian, kepakaran, serta kompetensi SDM agar terus sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ujarnya.

Menurut Menristek, saat ini amat diperlukan kesempatan produksi lokal sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan penguasaan teknologi. Tantangan kita saat ini adalah produksi teknologi secara massif agar masyarakat merasakan karya-karya anak bangsa, jelasnya. (fz).

» Sumber : Humas-LIPI

» Kontak : Lukman Hakim

» ARTIKEL TERKAIT :


» Arsip
» Diakses : 9 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment