Tuesday, August 20, 2013

KEPALA LIPI DORONG PENELITI TINGKATKAN PUBLIKASI

Kepala LIPI Dorong Peneliti Tingkatkan Publikasi
Selasa, 20 Agustus 2013

(Jakarta, 20 Agustus 2013 Humas LIPI). Mengisi kemerdekaan dan membangun kemandirian adalah tugas setiap anak bangsa, termasuk di dalamnya adalah kemandirian dalam bidang Iptek. Urgensi untuk membangun kemandirian Iptek tersebut sudah sangat mendesak, karena secara nasional indikator Iptek Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain.

Salah satu indikatornya adalah jumlah publikasi dan hak kekayaan ilmiah yang Indonesia hasilkan jauh lebih kecil dari pada beberapa negara tetangga, yang notabene jumlah penduduknya lebih kecil dari Indonesia. Oleh karena itu, kita (LIPI) perlu lebih meningkatkan jumlah publikasi penelitian, tandas Prof. Dr. Lukman Hakim, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat memberikan sambutan dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-68 di lapangan kampus LIPI Jakarta, Sabtu (17/8) lalu.

Melihat kondisi tersebut, Lukman mengingatkan agar seluruh sivitas LIPI terus meningkatkan kinerja ilmiahnya. Pimpinan LIPI terus berusaha untuk konsisten mewujudkan tekad kita menjadi lembaga riset berkelas dunia, dengan misi utama menciptakan great science yang memiliki dampak Besar, Signifikan, dan Nyata (BSN), tukasnya.

Walaupun secara nasional indikator Iptek memprihatinkan, dia mengungkapkan cukup bangga dengan capaian-capaian yang telah dihasilkan para sivitas LIPI. Capaian-capaian tersebut telah mendekatkan LIPI dalam mewujudkan karya-karya yang BSN.

Capaian ini seperti mobil listrik yang kita kembangkan selama beberapa tahun terakhir telah mendapat pengakuan nasional. Demikian pula, operating system yang dikembangkan untuk aplikasi telepon seluler dan masih banyak lagi yang lain, imbuhnya.

Dikatakannya, semua capaian tersebut mampu diraih karena dedikasi dan kerja keras dari para sivitas LIPI. Untuk itu, saya mengucapkan selamat atas capaian-capaian tersebut. Semoga kerja keras ini mampu dipertahankan, sehingga LIPI memberi kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia ilmu pengetahuan, tutupnya. (pw)



» Arsip
» Diakses : 74 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment