Wednesday, August 14, 2013

FITRAH PENELITI ADALAH PUBLIKASI

Fitrah Peneliti adalah Publikasi
Kamis, 15 Agustus 2013

(Jakarta, 15 Agustus 2013 Humas LIPI). Allah SWT secara jelas telah menuliskan fitrah manusia dalam ayat Al-Quran pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Fitrah manusia adalah mengkaji. Dijelaskan secara jelas dalam surat Al-Alaq. Iqro. Bacalah, ujar Dr. Atif Latiful Hayat, Guru Besar Universitas Padjadjaran yang bertindak sebagai penceramah dalam acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 1434 H yang diselenggarakan pada Selasa (13/8) lalu di Auditorium LIPI, Kampus LIPI Gatot Subroto, Jakarta.

Menurut Atif, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Hal tersebut dijelaskan secara eksplisit dalam Al-Quran surat Al-Mujadilah ayat 11. Artinya peran LIPI sebagai lembaga ilmu pengetahuan telah disebutkan secara eksplisit dalam Al-Quran, jelasnya.

Untuk mengangkat peran tersebut, para peneliti semestinya kembali kepada fitrahnya yakni menghasilkan penelitian yang berkualitas dan dipublikasikan kepada masyarakat luas bahkan internasional. Fitrah Peneliti adalah Publikasi, jadi setelah halal bil halal kita kembali ke "Publikasi", tandas Atif sembari berkelar dan disambut gelak tawa dan tepuk tangan oleh para sivitas LIPI.

Di lain hal, ia mengungkapkan pentingnya silaturahmi, termasuk dalam ranah keilmuan. Hadist menyatakan barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambung tali silaturahmi, jelasnya.

Dikatakannya, salah satu cara peneliti menyambung tali silaturahmi adalah dengan publikasi hasil penelitian. Penelitian tanpa dipublikasikan seperti nikah yang tanpa walimah. Selalu dicurigai, ungkapnya dengan tersenyum.

Sementara itu, Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim dalam sambutannya menjelaskan Ramadhan telah memberikan dampak spiritual yang luar biasa. Sejarah kejayaan Islam tercatat pada saat Ramadhan dan bulan-bulan yang dekat dengan Ramadhan, terangnya.

Menurut Lukman, kondisi spiritual yang prima akan menghasilkan kinerja optimal meski dalam sumber daya yang terbatas. Acara Halal Bi Halal sendiri dihadiri oleh sekitar 800 orang yang terdiri dari jajaran pimpinan LIPI, pegawai, dan pensiunan pejabat LIPI. (fz)



» Arsip
» Diakses : 63 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment