Friday, August 30, 2013

FLORA MALESIANA TERANCAM PUNAH

Flora Malesiana Terancam Punah
Jumat, 30 Agustus 2013

(Bogor, 30 Agustus 2013 Humas LIPI). Dr. Siti Nuramaliati Prijono, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuturkan bahwa kawasan Malesia sangat penting karena kaya dengan keanekaragaman flora. Tapi sayangnya data flora kawasan ini belum lengkap, ujarnya saat konferensi pers dengan para wartawan di sela-sela acara International Flora Malesiana Symposium Ke-9 yang berlangsung di IPB International Convention Center, Bogor, Selasa (27/8) kemarin.

Siti mengkhawatirkan kondisi flora yang sudah mengalami kepunahan sebelum dapat terdokumentasikan dengan baik. Oleh karena itu, ia berharap melalui acara simposium flora Malesiana dapat melengkapi informasi taksonomi, kegunaan, dan kemungkinan potensi tumbuhan di kawasan Malesia untuk kepentingan di masa depan.

Chairman Flora Malesiana Foundation, Prof. Dr. Dedy Darnaedi menjelaskan, sebetulnya Flora Malesiana memiliki dampak terhadap peningkatan kesejahteraan, walaupun tidak disadari secara langsung. Para peneliti taksonomi telah mengumpulkan, memiliki data yang lengkap mengenai tumbuhan untuk obat, tekstil, industri, dan lain-lain. Jika digunakan dengan baik, maka informasi dalam Flora Malesiana akan sangat bermanfaat terhadap peningkatan ekonomi rakyat, tandasnya.

Sementara itu, acara simposium sendiri diikuti sekitar 425 orang ilmuwan dari dalam dan luar negeri. Mereka umumnya adalah pemerhati flora yang bertemu untuk saling bertukar informasi tentang hasil-hasil penelitian flora di kawasan Malesia yang meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Simposium tersebut diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Biologi LIPI dan Flora Malesiana (FM) International Foundation dengan tema Kontribusi Flora Malesiana untuk Kesejahteraan Masyarakat di Asia. Flora Malesiana International Foundation merupakan organisasi yang memiliki perhatian untuk merangkum dan menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan penelitian flora di kawasan Malesia. (ys)



» Arsip
» Diakses : 11 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment