Friday, February 15, 2013

PDII LIPI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI INDIA

PDII LIPI Terima Kunjungan Delegasi India
Jumat, 15 Februari 2013

(Jakarta, 15 Februari 2013 Humas BKPI LIPI). Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerima kunjungan delegasi India dalam kegiatan kerjasama ASEAN-India S&T Digital Library, Jumat (7/2) lalu, di Gedung PDII LIPI Jakarta. Agenda kunjungan tersebut untuk berdiskusi, me-monitoring dan evaluasi ASEAN-India S&T Digital Library dan mengunjungi Laboratorium ASEAN-India S&T Digital Library di PDII LIPI Lantai 5 (Ruang Pangkalan Data Literatur).

Delegasi yang berkunjung ini, antara lain berasal dari Indian scientific team yang terdiri dari Dr. Abishek Vaish (Asst Prof. IIIT Allahabad Project partner), Dr. Prof N. Balakrishan (Professor, IISc, Bangalore- Expert S&T Digital Library), Mr. Nikhilesh Giri (First Secretary (ASEAN), Embassy of India). Selain itu, delegasi berasal dari Jakarta Asean Secretariat yang diwakili oleh Dr. Emir Krishna. Kunjungan diterima oleh Tim PDII LIPI yang terdiri dari Kepala PDII (Ir. Sri Hartinah, M.Si.), Kabid Dokumentasi (Ir. Sobari, M.Si.), Kabid Informasi (Ir. Rr. Endang Sri Rusmiyati Rahayu, M.Hum.), Kasubbid Jasa Penelusuran Informasi ( Danarsiwi Tri Lastiwi, S.S., M.Sc.), Kasubbid Akuisisi dan Pengadaan Literatur (Dr. Ir. Tri Margono), Budi Nugroho, Ekawati Marlina, Sjaeful Afandi.

Ir. Sri Hartinah, M.Si., Kepala PDII LIPI mengharapkan kontribusi PDII LIPI melalui kegiatan kerjasama ini dalam pengembangan Digital Library di level internasional dapat meningkat. Hal ini tidak terlepas dari semangat pembaharuan yang senantiasa didengung-dengungkan dalam reformasi birokrasi di PDII LIPI, tandasnya.

Perwakilan Delegasi India, Dr. Abishek Vaish, menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan kunjungan di PDII LIPI Jakarta. Tim dari India dalam kunjungan ini mempresentasikan grand design proyek ASEAN-India S&T Digital Library yang mencakup pihak-pihak yang berkolaborasi adalah negara-negara ASEAN (sebagai node), Pemerintah India, Sekretariat Asean dan IIITA.

Selanjutnya, sebagai focal point Indonesia, Budi Nugroho, menyampaikan laporan kemajuan digitalisasi di PDII LIPI Jakarta. Laporan tersebut berkaitan dengan Book scanner yang telah diterima dan terpasang dengan baik dan digunakan. Instalasi dan pelatihan penggunaan alat telah dilakukan oleh tim India pada bulan Mei 2012. Jumlah halaman terdigitalisasi 102950 dengan jumlah eksemplar 7929, pungkasnya.



» Arsip
» Diakses : 14 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment