Wednesday, February 27, 2013

PERKUAT KERJASAMA IPTEK, USAID BERKUNJUNG KE LIPI

Perkuat Kerjasama Iptek, USAID Berkunjung ke LIPI
Selasa, 26 Februari 2013

(Jakarta, 26 Februari 2013 Humas BKPI LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerima kunjungan dari perwakilan The United States Agency for International Development (USAID), Selasa (26/2), di Gedung Sasana Widya Sarwono (SWS), Kampus LIPI Jakarta. Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim menyambut baik kedatangan perwakilan USAID tersebut.

Ia mengatakan, kerja sama dengan USAID menjadi salah satu upaya LIPI untuk menjadi lembaga riset berkelas dunia. Kami selalu mendorong para peneliti untuk berkiprah dengan peneliti-peneliti lain di seluruh dunia melalui kerjasama penelitian, konferensi, workshop dan sebagainya. Hal itu merupakan upaya bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan, terutama para peneliti muda, ujar Lukman.

Sementara itu, Dr. Andrew Sisson, USAID Mission Director in Indonesia mengungkapkan, kunjungan kali ini dimaksudkan untuk mendapat masukan dari LIPI tentang program kerjasama Indonesia-AS, terutama di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Pidato Presiden Obama di Kairo tahun 2009 mengamanatkan untuk memperkuat kerjasama global di bidang Iptek. Sangat menarik untuk dapat bekerjasama dengan Indonesia untuk isu-isu bio-resource, perubahan iklim, serta kajian konflik kultural, paparnya.

Ia menyebutkan, sebagai institusi penelitian tertua dan terbesar di Indonesia, LIPI merupakan rekan kerja strategis bagi USAID di bidang Iptek. Oleh karena itu, pihaknya perlu lebih memperkuat kerjasama tersebut dengan LIPI.

Dia mengatakan bahwa kunjungan ini selain untuk memperkenalkan diri sebagai pimpinan baru USAID di Indonesia, bertujuan pula untuk mempererat kerja sama yang dilandasi oleh Comprehensive Partnership Agreement. Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan President Barrack Obama tahun 2010 lalu.

Menurutnya, selama lebih dari 50 tahun pemerintah Amerika Serikat melalui USAID terus mempromosikan penguatan kerjasama internasional melalui pembangunan sektor ekonomi dan sosial di negara-negera di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Indonesia menempati prioritas teratas dalam program kerjasama luar negeri Amerika Serikat di Asia, pungkasnya.



» Arsip
» Diakses : 72 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment