Friday, February 15, 2013

KEPALA LIPI RESMIKAN GEDUNG LABORATORIUM P2 SMTP LIPI

Kepala LIPI Resmikan Gedung Laboratorium P2 SMTP LIPI
Jumat, 15 Februari 2013

(Tangerang Selatan, 15 Februari 2013 Humas BKPI LIPI). Gedung laboratorium sekaligus manajemen Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2 SMTP) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) baru saja diresmikan, Kamis (14/2) kemarin. Peresmian gedung ini dilakukan oleh Kepala LIPI bersama jajaran pimpinan lainnya di Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan Banten.

Dalam sambutannya, Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim mengatakan bahwa gedung baru tersebut diharapkan meningkatkan kinerja penelitian yang selama ini telah dilakukan. Dalam usianya yang ke-8 tahun, P2SMTP-LIPI sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tidak hanya dari aspek sarana prasarana seperti gedung ini saja, namun di dalam melaksanakan peranan, tugas dan fungsinya juga sudah dapat diandalkan, terutama sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian, yaitu sebagai Laboratorium Pengujian yang terakreditasi, jelasnya.

Ia mengungkapkan, peran tersebut ditunjukkan dengan memberikan penjaminan mutu dalam bentuk pengujian yang berbasis kepada hasil-hasil penelitian dan perekayasaan terhadap produk-produk dalam negeri agar memenuhi Standar Nasional Indonesia yang berdaya saing terhadap produk luar. Disamping itu, peranan lainnya adalah memberikan pelayanan jasa pelatihan, bimbingan sistem mutu kepada masyarakat pengguna, baik industri, BUMN, maupun instansi pemerintah dan pemerintah daerah.

Bersamaan dengan itu, Lukman mencermati bahwa P2SMTP-LIPI telah memberikan kontribusi terhadap Satker-Satker lainnya di lingkungan LIPI melalui pemberian pelatihan dan bimbingan teknis di bidang sistem mutu. Pusat Penelitian ini telah membantu proses Satker-Satker LIPI untuk memperoleh Sertifikasi berbasis Standar Internasional di bidang Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dan Sistem Manajemen Laboratorium Kalibrasi dan Pengujian ISO / IEC 17025. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada P2SMTP-LIPI yang telah membantu satker-satker LIPI dalam proses sertifikasi tersebut, pungkasnya.



» Arsip
» Diakses : 27 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment