Thursday, February 14, 2013

LIPI SIAP LAHIRKAN RAGAM USAHA BERBASIS TEKNOLOGI

LIPI Siap Lahirkan Ragam Usaha Berbasis Teknologi
Kamis, 14 Februari 2013

BOGOR, (PRLM).- Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lukman Hakim meresmikan Gedung Inovasi yang terletak di kawasan Cibinong Science Center, Bogor, Rabu (13/2/13). Gedung tersebut dibangun untuk melahirkan berbagai usaha atau perusahaan berbasis teknologi, terutama teknologi yang berasal dari hasil-hasil riset LIPI.

Inovasi adalah proses bagaimana membawa hasil-hasil penelitian dan pengembangan menjadi barang yang siap dikonsumsi, apakah benda atau (produk) jasa, ujar Lukman saat memberikan sambutan peresmian.

Hadir pada peresmian ini antara lain Sekretaris Utama LIPI Akmadi Abbas, Kepala Pusat Inovasi LIPI Bambang Subiyanto, dan sejumlah undangan.

Gedung Inovasi ini antara lain mencakup inkubator guna mewadahi berbagai kegiatan yang bersifat mengakselerasi adopsi hasil-hasil riset LIPI oleh para pemangku kepentingan (stakeholders).

Dijelaskan, misi utama inkubasi teknologi adalah memfasilitasi komersialisasi hasil-hasil penelitian dan juga akuisisi maupun pemanfaatan teknologi unggul. Dengan inkubasi agar bisa masuk pasar.

Bangunan Gedung Inovasi ini juga dilengkapi workshop. Dalam keterangannya, Lukman menilai, kehadiran infrastruktur dan program inkubasi teknologi LIPI yang dikelola Pusat Inovasi di Kawasan Cibinong Science Center menjadi penting.

Dikatakan, melalui program dan fasilitas inkubator teknologi di Gedung Inovasi, pendampingan usaha baru berbasis teknologi atau Usaha Kecil Menengah (UKM) inovatif dengan prospek pertumbuhan tinggi akan dilakukan.

Dia menjelaskan, aspek risiko yang ditanggung oleh UKM inovatif selama program inkubasi tersebut dapat dikelola dan direduksi melalui berbagai layanan teknis, non teknis, dan jasa-jasa intermediasi lain yang dibutuhkan UKM inovatif baru yang diinkubasi.

Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi LIPI Bambang Subiyanto menuturkan, kegiatan inkubasi teknologi yang telah dilakukan oleh Pusat Inovasi pada 2010-2012 tercatat sebanyak 10 teknologi LIPI telah dikembangkan menjadi produk contoh (prototipe). Selain itu, sebanyak 17 teknologi telah melalui tahapan pra-inkubasi dan 15 teknologi sedang melalui tahapan inkubasi. (A-94/A-88)***



» Arsip
» Diakses : 19 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment