Saturday, February 23, 2013

90 JENIS TERUMBU KARANG DIBUDIDAYAKAN DI BANYUWANGI

90 Jenis Terumbu Karang Dibudidayakan di Banyuwangi
Jumat, 22 Februari 2013

SURYA Online, BANYUWANGI Di Kabupaten Banyuwangi terdapat 14 perusahaan melakukan transplantasi atau budidaya terumbu karang Coral di perairan laut Selat Bali.

Hal itu diungkapkan, Kasi Konservasi Wilayah V, Ir Thomas Suryo Utomo melalui Bidang Pemanfaatan SKW V, Dadang, ketika ditemui Surya.co.id di kantornya, Kamis (21/2/2013).

Perusahaan itu adalah PT Aneka Tirta Surya, Aristo Cratama Bina Usaha, UD Segoro Utomo, Srikandi Aquarium, Indomarin, Bali Aquarium, Sangputra Wimasjaya, PT Dunia Alam Mulia, Lestari Aquarium, Sea Ques, Selat Bali, Karya Alam, Langgeng Jaya Abadi, dan Dinar Darung Lestari.

Banyaknya perushaan yang melakukan transplantasi itu karena sebelumnya telah dilakukan penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Pusat. Coral tak hanya terdapat di perairan Selat Bali, tetapi juga di wilayah lainnya, seperti, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), Kata Dadang.

Selama ini LIPI Pusat secara intensif dua tahun sekali melakukan penelitian. Pihak SKW V Banyuwangi hanya memperlancar administrasinya terhadap sejumlah perusahaan untuk melengkapi berkas perizinannya.

Penangkapan satwa yang tidak dilindungi izinnnya dikeluarkan oleh Surabaya, karena menjadi kewenangan Balai Besar Surabaya. Sedangkan, satwa yang dilindungi langsung dari Pusat Jakarta.



» Arsip
» Diakses : 52 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment