Wednesday, February 13, 2013

DIRESMIKAN, GEDUNG INOVASI LIPI

Diresmikan, Gedung Inovasi LIPI
Rabu, 13 Februari 2013

(Jakarta, 13 Februari 2013 Humas BKPI LIPI). Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Lukman Hakim meresmikan Gedung Inovasi LIPI, Rabu (13/2), di Kawasan Cibinong Science Center (CSC) Cibinong Bogor. Tampak hadir dalam peresmian itu, antara lain Dr. Djusman Sajuti (Wakil Kepala LIPI), Dr. Akmadi Abbas (Sekretaris Utama LIPI), Dr. Fatimah Zulfah S. Padmadinata (Deputi Jasa Ilmiah LIPI), serta Prof. Dr. Bambang Subiyanto (Kepala Pusat Inovasi LIPI). Tak hanya itu, sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Bogor dan beberapa Kepala Satuan Kerja di lingkungan LIPI juga hadir dalam peresmian tersebut.

Prof. Dr. Lukman Hakim mengatakan bahwa keberadaan Gedung Inovasi LIPI sebagai inkubator teknologi akan mengupayakan hasil-hasil penelitian bisa menjadi pemimpin (leading) di pasar. Melalui program dan fasilitas inkubator teknologi tersebut, pendampingan usaha baru berbasis teknologi atau Usaha Kecil Menengah (UKM) inovatif dengan prospek pertumbuhan tinggi akan dilakukan, ungkapnya.

Ia mengharapkan, keberadaan gedung inovasi tersebut mampu mensinergikan unsur industri, Pemerintah (Pusat maupun Daerah), dan penyedia jasa inovasi teknologi (lembaga Litbang maupun Perguruan Tinggi) untuk meningkatkan daya saing (industri) nasional. Bila sinergi dan interaksi sudah meningkat, maka iklim inovasi bagi industri dan UKM inovatif akan semakin kondusif sehingga mampu berkembang dengan baik, tukasnya.

Dikatakannya, Gedung Inovasi LIPI ini memiliki luas bangunan sekitar 9.900 meter persegi di tanah seluas 6 hektar. Dana pembangunannya sebesar Rp 33 miliar berasal dari APBN dan APBN Perubahan. Kapasitasnya bisa digunakan untuk 20 tenan atau gerai yang bisa diisi pelaku usaha. Biaya sewanya pun sangat terjangkau Rp 240.000 per bulan untuk 24 meter persegi, pungkasnya.



» Arsip
» Diakses : 51 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment