Monday, February 18, 2013

LIPI DORONG AKSELERASI ADOPSI HASIL RISET

LIPI Dorong Akselerasi Adopsi Hasil Riset
Senin, 18 Februari 2013

JAKARTA Adopsi inovasi teknologi hasil riset bagi kalangan industri dan usaha kecil menengah (UKM) di dalam negeri masih belum optimal. Padahal, jumlah hasil riset yang telah terdaftar sebagai hak kekayaan intelektual terus meningkat.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lukman Hakim menuturkan, kapasitas LIPI dalam melakukan perlindungan hak kekayaan intelektual hasil-hasil riset telah meningkat signifikan sejak 2001.Jika sebelum tahun 2001 jumlah paten terdaftar LIPI masih berjumlah 16,pada 2012 lalu telah mencapai 296 paten,11 desain industri,3 perlindungan varietas tanaman,26 hak cipta,dan 25 merek dagang.

Dia mengakui, berbagai hasil riset tersebut telah dimanfaatkan oleh para pengguna. Sayangnya, adopsi inovasi teknologi hasil riset tersebut, terutama oleh industri dan UKM di dalam negeri, masih perlu dioptimalkan lagi,katanya akhir pekan kemarin. Terkait hal itu, pihaknya mendirikan Gedung Inovasi LIPI yang diharapkan bisa berdampak pada peningkatan daya saing industri melalui skema alih teknologi.

Pembangunan gedung itu di antaranya mendorong kelahiran berbagai usaha atau perusahaan berbasis teknologi, terutama yang berasal dari hasil riset LIPI. Dengan infrastruktur dan program inkubasi teknologi LIPI yang dikelola Pusat Inovasi di Kawasan Cibinong Science Center itu, sambungnya, akan dilakukan pendampingan usaha baru berbasis teknologi atau UKM inovatif dengan prospek pertumbuhan tinggi.

Kepala Pusat Inovasi LIPI Bambang Subiyanto menambahkan, selama 20102012 tercatat 10 teknologi LIPI telah dikembangkan menjadi prototipe. Selain itu, 17 teknologi telah melalui tahapan pra-inkubasi dan 15 teknologi sedang melalui tahapan inkubasi.Diharapkan lahir perusahaanperusahaan berbasis teknologi yang siap bersaing di pasar domestik,tandasnya. ● fefy dwi haryanto



» Arsip
» Diakses : 53 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment