Tuesday, February 12, 2013

TMC BPPT TERUS BERUPAYA REDISTRIBUSI CURAH HUJAN JABODETABEK (II)

Sejak dimulainya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) oleh BPPT pada 26 Januari 2013 sampai dengan Kamis (31/01), telah dilakukan sepuluh sorti penerbangan menggunakan pesawat Hercules A-1323, menghabiskan bahan semai NaCl powder sebanyak 36 ton. Fokus lokasi penyemaian awan dengan pesawat dilakukan di sekitar pantai barat Pulau Jawa, dengan tujuan menghambat masuknya suplai udara yang banyak membawa uap air ke wilayah Jabodetabek. Pada Rabu (30/01) juga telah dilakukan 2 sorti penerbangan penyemaian pada siang dan sore hari. Sementara penyemaian dari darat dengan Ground Base Generator di wilayah Jabodetabek juga dilakukan pada pagi harinya.



Sejauh ini, kegiatan penyemaian selama 5 hari terakhir berhasil mengurangi intensitas curah hujan dan resiko banjir di wilayah Jabodetabek. Sementara itu pada Kamis (31/01) direncanakan 2 sorti penerbangan penyemaian sembari tetap mengaktifkan penyemaian dari darat dengan GBG. Adapun dari rencana semula tersebut pada hari ini hanya dilakukan satu kali penerbangan mengingat pertumbuhan awan yang cenderung lambat.

Dalam setiap harinya, sorti penerbangan penyemaian awan ditargetkan di sebelah Barat Jabodetabek terutama di sekitar pantai Barat Pulau Jawa. Tujuannya adalah agar awan-awan yang bergerak menuju Jabodetabek, bisa turun hujan lebih awal sebelum memasuki Jabodetabek, sehingga suplai massa udara basah yang masuk ke wilayah Jabodetabek menjadi berkurang, sehingga peluang dan intensitas hujan di wilayah Jabodetabek juga dapat dikurangi. Selain dari udara, dilakukan juga penyemaian awan dari darat dengan menggunakan Ground Base Generator yang terpasang di dalam wilayah Jabodetabek, memanjang dari daerah hulu (selatan) hingga hilir (utara), tujuannya adalah untuk mengganggu pertumbuhan awan hujan di wilayah Jabodetabek.

Sebelumnya pada Rabu (30/01) dilakukan 2 sorti penerbangan. Sorti 1 dilaksanakan pukul 10:20-12.08 WIB pada beberapa sel awan Cu yang berada di daerah Malingping, Cibeber, Bojongmanik dan Pandeglang. Penerbangan sorti 2 dilaksanakan pukul 13:27-15:00 WIB pada beberapa sel awan Cu yang berada di daerah Situpotong, Anyer dan Wirasinga. Sementara metode penyemaian awan dari darat di wilayah Jabodetabek, juga dilakukan pada pagi harinya.

Adapun menurut forecaster cuaca BMKG yang disampaikan dalam briefing pagi tadi, Kamis (31/01), di wilayah Jabodetabek berpeluang terjadi hujan sejak siang hingga malam hari dengan intensitas ringan hingga sedang. Peluang hujan siang hari diperkirakan terjadi di wilayah utara, sementara untuk wilayah selatan, barat dan timur hujan diperkirakan terjadi pada sore hingga malam hari. (SRA/humas BPPT)



View the Original article

No comments:

Post a Comment