Wednesday, February 13, 2013

PUSAT INOVASI LIPI DIRESMIKAN

Pusat Inovasi LIPI Diresmikan
Rabu, 13 Februari 2013

[CIBINONG] Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akhirnya memiliki gedung inovasi yang berfungsi sebagai tempat inkubasi teknologi. Melalui inkubator ini diharapkan lahir berbagai usaha dan perusahaan berbasis teknologi.

Misi utama inkubasi teknologi adalah memfasilitasi komersialisasi hasil-hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi unggul.

Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan inovasi adalah proses bagaimana membawa hasil-hasil penelitian dan pengembangan menjadi barang yang siap dikonsumsi berupa benda atau produk. Inkubator ini akan menggiring hasil-hasil penelitian bisa pemimpin (leading) di pasar.

"Hambatan-hambatan dalam inkubasi akan diatasi dengan adanya bantuan para peneliti LIPI kepada para tenant dengan memperoleh subsidi berupa intelektual assitant," katanya di sela peresmian gedung inovasi LIPI di kawasan Cibinong Science Centre, Cibinong, Rabu (13/2).

Lukman menyadari, saat ini masih terjadi gap atau ketidaksepahaman antara hasil litbang dengan industri. Dalam inkubator LIPI ini usaha kecil menengah dan hasil riset akan didampingi sekitar 1-5 tahun sehingga siap menjadi industri yang matang dan telah mengantongi hak paten.

Bangunan seluas 9.900 meter persegi di tanah seluas 6 hektar ini dibangun dengan dana Rp 33 miliar APBN dan APBN Perubahan ini memiliki 20 tenan atau gerai yang bisa diisi pelaku usaha. Biaya sewanya pun sangat terjangkau Rp 240.000 per bulan untuk 24 meter persegi.

Saat ini baru sejumlah hasil riset LIPI yang akan mengisi pusat inovasi yang rencana mulai beroperasi Maret 2013. [R-15]



» Arsip
» Diakses : 32 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment