Friday, April 12, 2013

LIPI SIAP BANTU TIMOR LESTE BANGUN INSTITUT RISET

LIPI Siap Bantu Timor Leste Bangun Institut Riset
Jumat, 12 April 2013

(Jakarta, 12 April 2013 Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan kesiapannya untuk membantu Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste untuk membangun institute riset. Institut riset tentu memerlukan input tenaga-tenaga peneliti. LIPI memiliki Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti di Cibinong yang menjadi pusat pembinaan untuk seluruh peneliti di Indonesia yang bisa menjadi rujukan pemerintah Timor Leste terkait penyiapan tenaga peneliti, ujar Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim saat menerima Wakil Menteri Pendidikan Nasional Timor Leste Marcal Avelino Ximenes di Sasana Widya Sarwono, Kampus LIPI Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (10/4) lalu.

Menurut Ximenes, Timor Leste saat ini sedang memprioritaskan pembangunan di bidang sains dan pendidikan. Kami sedang menyiapkan Institut Nasional Sains dan Teknologi. Awalnya referensi kami dari Brazil, namun dari sisi ekologis Indonesia lebih familiar bagi kami, jelasnya.

Ximenes mengungkapkan, meskipun awalnya ada hal-hal yang sifatnya emosional terkait Referendum 1998 silam, namun Indonesia adalah saudara yang baik dan potensial di berbagai bidang. Potensi kerjasama dengan Indonesia lebih besar daripada negara lain, jelasnya.

Sementara itu terkait pendanaan, Kepala LIPI menyarankan agar institut riset memiliki skema pendanaan mandiri agar tidak selalu tergantung pada pemerintah. LIPI memiliki skema pendanaan mandiri dari masyarakat melalui mekanisme Penerimaan Negara Bukan Pajak, jelas Lukman.

Lukman mengundang pula Kementerian Pendidikan Nasional Timor Leste untuk berkunjung ke kampus-kampus LIPI di Cibinong, Serpong, Bandung dan Jakarta. Jika kebetulan Anda sedang berwisata di Bali, silahkan mengunjungi Kebun Raya Eka Karya milik LIPI yang merupakan Kebun Raya terluas yang kami miliki, tutupnya. (fza/pwd)



» Arsip
» Diakses : 34 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment