Thursday, April 25, 2013

IKAN SEGAR DI AMBON TIDAK HIGIENIS

Ikan Segar di Ambon tidak Higienis
Kamis, 25 April 2013

Metrotvnews.com, Ambon: Ikan segar yang dijual pedagang di Kota Ambon, Maluku tidak higienis. Hal itu dikatakan Christina Litaay, Peneliti Balai Konservasi Biota Laut (BKBL) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon, Rabu (24/4).

"Ikan-ikan segar yang dijual di Pasar Arumbai Ambon tidak higienis karena dicuci dan disiram dengan air kotor," kata Christina.

Christina mengatakan ikan-ikan segar di pasar tersebut tidak higienis dikarenakan para pedagang setempat menggunakan air laut yang telah tercemar sampah untuk mencuci ataupun menyiram ikan-ikan mereka agar tetap segar.

Lokasi Pasar Arumbai yang berada di atas Teluk Ambon sangat memungkinkan para penjual ikan di sana untuk membuang air bekas mencuci ikan ke laut di bawahnya, kemudian digunakan kembali, begitu seterusnya.

Ikan segar yang tidak higienis, meskipun sudah dimasak tetap dapat menyebabkan masyarakat yang mengkonsumsinya mengalami alergi berupa gatal-gatal di rongga mulut maupun lidah.

"Air laut yang berada di bawah pasar tidak berpindah, sehingga sampah-sampah di pasar dan air bekas pakai yang dibuang ke juga tidak berpindah, sehingga tidak bagus jika digunakan untuk menyiram maupun mencuci ikan mentah," katanya.

Menurut Christina, kurangnya pemahaman cara menjaga kesegaran dan higienisnya ikan menyebabkan para pegadang tidak mengetahui dampak terhadap masyarakat Kota Ambon yang banyak mengkonsumsi ikan, sehingga perlu adanya penyuluhan oleh pemerintah setempat.

Selain menggunakan air kotor, beberapa pedagang ikan di Pasar Arumbai juga menjajakan ikannya di udara terbuka. Hal itu juga dapat menurunkan mutu ikan.

"Ikan mentah tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung ataupun air hujan, itu akan menurunkan mutu ikan," pungkas Christina. (Ant)



» Arsip
» Diakses : 26 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment