Tuesday, April 16, 2013

LIPI GELAR SEMINAR ELECTROMAGNETIC COMPATIBILITY

LIPI Gelar Seminar Electromagnetic Compatibility
Rabu, 17 April 2013

JAKARTA, (PRLM).- Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2 SMTP) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menggelar Seminar Electromagnetic Compatibility (EMC), bertempat di Graha Widya Bakti Puspiptek, Kawasan Puspiptek, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Rabu (17/4/2013).

Kegiatan ilmiah yang merupakan kerja sama P2 SMTP LIPI dengan PT Tridaya Setiamanunggal Advances dan JS Denki itu mengangkat tema Understanding EMC for Better Life and Environment.

Deputi bidang Jasa Ilmiah LIPI Fatimah Zulfah S. Padmadinata dalam keterangan pers yang diperoleh PR di Jakarta, Selasa (16/4) mengatakan, masalah EMC sudah menjadi perhatian para ilmuwan, regulator, dan industriawan di dunia. Mereka menyoroti langkah untuk mengurangi efek negatif serta meningkatkan efek positif dari medan ElectroMagnetic (EM) bagi lingkungan.

Saya berharap seminar EMC mampu menghasilkan berbagai pertukaran informasi perkembangan teknologi EM berdasarkan hasil-hasil penelitian maupun kajian-kajian keilmuan dan berbagai regulasi lainnya yang dapat diterapkan secara signifikan untuk kehidupan yang lebih baik, ujarnya.

Dia berharap, dari hasil seminar bisa ditindaklanjuti lebih jauh dengan Pusat Penelitian SMTP LIPI membuka pintu untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam kerangka penerapan dan pengembangan iptek bidang teknologi pengujian elektromagnetik. Kerja sama terbuka bagi kalangan perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun dunia usaha, asosiasi, dan pihak industri lainnya. Melalui kerja sama tersebut, diharapkan akan terjadi sinergisitas dalam memperkuat perekonomian nasional, katanya.

Kepala Pusat Penelitian SMTP LIPI Puji Winarni menuturkan, perkembangan teknologi di dunia cukup pesat, tak terkecuali bidang electromagnetic. Peralatan komunikasi, transportasi, kebutuhan rumah tangga juga berkembang pesat pada bidang electromagnetic, termasuk alat ukur untuk mengetahui pengaruh-pengaruh medan electromagnetic pada lingkungannya.Kami juga berupaya untuk mengikuti perkembangan tersebut, termasuk pula untuk pengujian EMC, tambahnya.(A-94/A-147)***



» Arsip
» Diakses : 5 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment