Friday, April 12, 2013

LIPI KEBUN RAYA CIBODAS LAKUKAN PENELITIAN UNGGULAN

LIPI KEBUN RAYA CIBODAS LAKUKAN PENELITIAN UNGGULAN
Jumat, 12 April 2013

Antarajawabarat.com,12/4- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) UPT BKT Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jabar, terus melakukan berbagai penelitian unggulan, setiap tahunnya.

Salah satunya ekpose hasil penelitian unggulan yakni penelitian tanaman Artemisia annua, sebagai penganti tanaman kina. Hal tersebut dilakukan dalam rangka ulang tahun ke-161 Kebun Raya Cibodas, Rabu.

Tanaman tersebut adalah tumbuhan penganti kina yang dimanfaatkan untuk obat penyakit malaria. Hal tersebut dibenarkan Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas Didik Widyatmoko.

Dia mengatakan, penelitian tersebut telah dilakukan sejak lama, meskipun bukan tanaman yang pertama dikembangkan, namun penelitian terhadap tanaman tersebut secara intens dilakukan dan termasuk dalam kategori penelitian unggulan.

"Tujuan dari penelitian Artemisia anua adalah untuk meningkatkan kadar artemisinin yang dihasilkan tanaman tersebut. Zat ektrak dari tanaman tersebut berguna sebagai obat penyaki malaria," katanya.

Dia menambahkan kandungan zat tersebut lebih ampuh mengobati peyakit malaria ketimbang zat yang dihasilkan tanaman kina karena pihaknya menilai tanaman kina terlalu resisten dengan penyakit tersebut.

Dia menuturkan, tumbuhan Artemisia annua hanta dapat tumbuh di tempat ketinggian antara 700-1.500 meter. Tanaman tersebut, berasal dari negara subtropics seperti Cina dan Vietnam.

Sedangkan budidaya tanaman tersebut, ungkap dia, tidak hanya di Kebun Raya Cibodas saja, ada pula di daerah Tawang Mangu-Jateng, Dieng-Yogyakarta dan Wonosobo-Jateng.

"Sedangkan untuk budidaya di Kebun Raya Cibodas jumlahnya tidak begitu besar karena untuk skala riset. Pengembangan tanaman tersebut kedepan adalah penyedian bibit unggul dari hasil penelitian," tandasnya.

Sementara itu, terkait HUT Kebun Raya Cibodas kali ini, ungkap dia, pihaknya memberikan tiket gratis selama satu hari penuh bagi masyarakat yang datang ke lokasi wisata bernuansa alam itu.

Pada acara tersebut pengunjung disuguhi berbagai kegiatan dan acara hiburan serta edukasi khusus tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.***4***(KR,FKR)

Fikri



» Arsip
» Diakses : 27 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment