Thursday, April 25, 2013

SINERGI PENELITIAN DAN PENDIDIKAN, LIPI-TAU JALIN KERJA SAMA

Sinergi Penelitian dan Pendidikan, LIPI-TAU Jalin Kerja Sama
Rabu, 24 April 2013

(Jakarta, 24 April 2013 Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan sinergi antara dunia penelitian dan pendidikan. Hal tersebut ditunjukkan dengan kerja sama yang terjalin antara LIPI dengan Tanri Abeng University (TAU) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan di kampus TAU, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (23/4) kemarin.

LIPI sebagai badan riset tertua dan terbesar di Indonesia telah berhasil membangun jejaring kerja sama yang kuat dan menciptakan peneliti-peneliti yang memiliki kompetensi tinggi. Kesadaran akan hal itulah yang mendorong LIPI mendirikan ICIAR untuk mengawal para peneliti muda membangun core competence dalam bentuk research university, ungkap Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim ketika memberikan sambutan.

Menurutnya, LIPI dan TAU bisa saling memanfaatkan dalam hal menjaga kualitas riset. Kami sangat terbuka dengan kerja sama ini dan berharap TAU dapat memberi inspirasi terutama untuk meningkatkan jiwa entrepreneurship para peneliti LIPI. Terus terang hal itulah yang menjadi tantangan bagi LIPI sekarang, ujar Lukman.

Pada saat yang sama, Dr. Tanri Abeng, MBA, founder sekaligus Rektor TAU mengungkapkan bahwa TAU adalah universitas yang berfokus untuk menciptakan Career Ready Professionals yang memiliki depth knowledge di bidang masing-masing. Alasan itulah yang mendorong TAU bekerja sama dengan LIPI.

Resources LIPI dapat memanfaatkan TAU dalam hal penguatan kemampuan manajemen dan entrepreneurship. Sebaliknya, LIPI dapat membantu mendorong terwujudnya research based university di kampus ini, jelas Tanri.

Lets think big, start small!

Menarik mencermati pemikiran pengusaha yang juga mantan Menteri BUMN ini, ia sangat mengapresiasi respon positif LIPI untuk beraliansi secara strategis dengan TAU. Aliansi strategis ini diharapkan dapat memberi kontribusi pada LIPI dan TAU. Kami dapat memberikan perspektif manajemen untuk menjembatani antara manajemen dan peneliti di LIPI, ujar Tanri.

Terkait dengan universitas yang dipimpinnya, ia ingin menciptakan suatu revolusi pendidikan dimana mahasiswa dapat menjadi kontributor untuk penyelesaian masalah sosial.TAU tidak hanya mengajarkan kemampuan dan ilmu pengetahuan, tetapi juga integritas, tandasnya.

Di akhir sambutannya, Tanri menyelipkan pesannya bahwa mari kita berpikir besar dan mulai lakukan dengan hal yang kecil atau Lets think big, start small. (yos/pwd)



» Arsip
» Diakses : 81 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment