Saturday, April 20, 2013

KEBON RAYA BOGOR TERANCAM POLUSI

Kebon Raya Bogor Terancam Polusi
Sabtu, 20 April 2013

BOGOR (Pos Kota) Kelangsungan hidup 21.603 spesimen yang terbagi menjadi 3.912 spesies di Kebun Raya Bogor (KRB) kini semakin terancam polusi udara. Pesatnya perkembangan Kota Bogor dengan semakin macetnya lalulintas di sekitar KRB menjadi pemicu polusi udara.

Sejak 1817 KRB dibangun dan menjadi episentrum Kota Bogor dengan luas 87 hektar dan menjadi obyek penelitian oleh LIPI. Peneliti kini bukan hanya berpacu mengidentifikasi ribuan spesimen itu, tapi juga berjibaku dengan perubahan perilaku sejumlah tumbuhan akibat perubahan lingkungan di sekitar KRB.

Usia KRB hampir dua abad, tak heran kondisi di sekitar KRB berubah drastis. Perubahan terutama lingkungan atau diamika tata ruang itu sangat berpengaruh, baik langsung atau tak langsung dan besar atau kecil terhadap ribuan speies tanaman di KRB,, kata Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan KRB LIPI Mustaid Siregar, Jumat.

Menurutnya ancaman bukan hanya dari polusi, tapi juga alam seperti angin kencang yang menyebabkan sejumlah phon langkah dan berusia ratusan tahun tumbang. Selama dua tahun terkahir ini sudah 16 pohon langkah dan berusia tua tumbang di sapu puting beliung, katanya.

Kawasan di sekitar KRB kini memang telah jauh berubah. Di awal tahuan 70-an di sekeliling KRB terasa sejuk, teduh, rimbun dan hijau. Kini di sekeliling sebarang KRB sudah berdiri sejumlah pusat perbelanjaan dan perkantoran sreta perhotelan. Belum lagi angkot dan kendaraaan lainnya, keteduhan dan kesejukan di sekitar KRB kini mulai berkurang, kata Deden, warga asli Kota Bogor.

Sedangkan polusi udara dari kendaraan yang melintasi di sekitar KRB ini sekitar 3.500 unit per hari. Sekitar 35 persennya dilalui angkot, kemudian disusul kendaran pribadi dan roda dua, kata Kabid Lalulintas DLLAJ Kota Bogor Tedi Setiadi. (iwan)



» Arsip
» Diakses : 18 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment