Tuesday, April 15, 2014

RIBUAN RELAWAN KELAS INSPIRASI BERKUMPUL DI LIPI

Ribuan Relawan Kelas Inspirasi Berkumpul di LIPI
Selasa, 15 April 2014

(Jakarta Humas LIPI). Gerakan Indonesia Mengajar kembali menginisiasi Kelas Inspirasi Jakarta untuk ketiga kalinya. Kelas Inspirasi merupakan kegiatan menggerakan pekerja profesional untuk menjadi guru sehari di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jakarta.

Tercatat lebih dari 1.300 orang pekerja profesional mendaftarkan diri untuk mendapatkan kesempatan menjadi relawan pengajar Kelas Inspirasi Jakarta 3. Hal ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi.

Di Jakarta, kegiatan Kelas Inspirasi tersebut akan dilaksanakan serentak di 62 Sekolah Dasar pada Hari Inspirasi, 24 April 2014. Sebanyak 747 relawan pengajar, 199 relawan fotografer, dan 45 relawan videografer yang terpilih siap untuk cuti sehari akan hadir untuk berbagi inspirasi melalui profesi mereka.

Sebelum melakukan kegiatan Kelas Inspirasi itu, para relawan diberikan pembekalan (briefing), melakukan observasi ke sekolah, juga menghadiri sesi refleksi dan evaluasi. Kali ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi tempat berkumpul ribuan relawan Kelas Inspirasi tersebut.

Pembekalan ini dilakukan di Auditorium LIPI Jakarta, Sabtu (12/4). Perwakilan LIPI Dr. Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono mengatakan, partisipasi LIPI dalam kegiatan Kelas Inspirasi bertujuan untuk mencerdaskan bangsa dan memberikan pengetahuan sesuai dengan profesi masing-masing.

Koordinator Kelas Inspirasi Jakarta 3 Euprasia Selvani Antoni menambahkan, Kelas Inspirasi tidak sekedar menjadi ajang menumbuhkan semangat berjuang kepada anak-anak SD dalam mencapai cita-cita dan pengetahuan profesi dalam satu hari. Kegiatan ini juga mempunyai tujuan lain yakni menjadi kesempatan bagi kalangan profesional belajar mengenai kondisi nyata pendidikan di Indonesia. Diharapkan ke depannya, terjalin relasi secara terus menerus untuk kepentingan membangun pendidikan di Indonesia melalui Kelas Inspirasi, tandasnya.

Dalam kegiatan pembekalan ini, tampak hadir pula artis sinetron Dinda Kanya Dewi. Ia antusias mengikuti Kelas Inspirasi karena ingin sekali mengetahui kegiatan Indonesia Mengajar dan turut pula berkontribusi kepada negara serta diri pribadi agar berguna bagi orang lain.

Tahun depan, mudah-mudahan peserta Indonesia Mengajar bisa lebih meningkat dan banyak sponsor yang mendukung acara ini. Saya juga ingin mengajak teman-teman sesama artis untuk terjun dalam kegiatan Indonesia Mengajar, katanya.

Sebagai informasi, Kelas Inspirasi sepenuhnya bersifat kerelawanan dan memasyaratkan pengorbanan dari relawan dengan meminta mereka untuk cuti bekerja saat Hari Inspirasi. Partisipasi ini berbasiskan individu bukan institusi.

Tahun 2013, sekitar 3.500 relawan Kelas Inspirasi yang tersebar di 31 Kota di Indonesia telah melakukan iuran cuti satu hari. Sementara itu, hingga April 2014 ini, tercatat sekitar 2.500 relawan di 17 kota ikut terjun langsung dalam Kelas Inspirasi. (sb)

» Sumber : Humas LIPI

» Kontak : BKPI

» ARTIKEL TERKAIT :


» Arsip
» Diakses : 93 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment