Monday, April 14, 2014

MAU LIHAT TUMBUHAN KARNIVORA KANTONG SEMAR? DATANG SAJA KE KEBUN RAYA CIBODAS

Mau Lihat Tumbuhan Karnivora Kantong Semar? Datang Saja ke Kebun Raya Cibodas
Minggu, 13 April 2014

Jakarta - Untuk pertama kalinya Lembaga Ilmu Pengetahuan Nasional Indonesia (LIPI) membangun rumah konservasi Kantung Semar (Nepenthes). Puluhan tumbuhan kanivora itu dari seluruh wilayah Indonesia berhasil dikoleksi.

"Kita telah meluncurkan satu icon dimana sebagai satu modal penting Kebun Raya Cibodas yaitu Kantong Semar atau dikenal dengan Nepenthes," ujar Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan kebon Raya Bogor Lipi, Dr Didik Widyatmoko dalam konfrensi pers peresmian rumah konservasi Nepenthes, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (11/4/2014).

Dikatakan awal mula tercetusnya ide untuk rumah konservasi sejak 5 tahun lalu. Terbangunnya rumah konservasi sendiri berkat kerja sama dengan Komunitas Tanaman Kanivora Indonesia (KTKI).

"Ini sudah lama sekali kita impikan, akhirnya bisa terwujud dengan kerja sama KTKI berkat bapak Jhon yang menyumbang koleksinya ke Kebun Raya Cibodas, yang nantinya bisa kita kembangkan," ujarnya.

Berdirinya Taman Konservasi Nenphetes tidak hanya memiliki nilai konservasi. Tetapi mendapat nilai lain.

"Kami percaya rencana dikembangkan dengan KTKI, sehingga akan berkembang dengan menjadi awal maestro untuk menjadi lokasi penelitian mahasiswa bahkan bisa obyek wisata," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kepala UPT BKT Kebon Raya Cibodas LIPI, Agus Suhatman mengatakan pelestarian konservasi kantong semar dilakukan dengan cara 'ex-situ'. Cara konservasi itu sendiri dilakukan dengan mengambil dari habitat, yang dibudidayakan ke lokasi lain.

"Keberadaan rumah Nepenthes memiliki keterwakilan jenis kantong semar dataran tinggi yang ada di Indonesia, sehingga bisa dijamin kelestarian kantung semar melalui berbagai upaya perbanyakan di Kebun Raya Cibodas," kata Agus.

Agus mengatakan taman konservasi kantong semar di taman raya Cibodas memiliki puluhan spesies dan hibrida kantung semar. Beberapa diantaranya termasuk kategori yang terancam punah.

"Sampai saat ini terdapat 48 spesies dan 47 hibrida kantung semar yang terdapat di rumah Nepenthes. Selain itu terdapat jenis kantong semar yang memiliki nilai konservasi tinggi," ungkapnya.



» Arsip
» Diakses : 58 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment