Monday, April 14, 2014

MENENGOK TAMAN KONSERVASI KANTONG SEMAR DI KEBON RAYA CIBODAS

Menengok Taman Konservasi Kantong Semar di Kebon Raya Cibodas
Minggu, 13 April 2014

Cibodas - Lembaga Ilmu Pengetahuan Nasional Indonesia (LIPI) membangun Rumah Konservasi Kantong Semar (Nephentes) di Kebon Raya Cibodas. Sebagai tanaman kanivora memiliki nilai keindahan dan keanekaragaman hayati yang tinggi.

Detikcom pada Sabtu (11/4/2014), berkesempatan melihat rumah konservasi Nephentes, rumah yang dahulu merupakan area pembudidayaan tanaman pakis kini telah berubah menjadi area konservasi.

Sebelum masuk ke dalam terdapat poster besar bertuliskan 'We are Carnivorous plant, We Born To be Wild". Memasuki wilayah bagian dalam tertanam puluhan jenis Nephentes dari seluruh wilayah Indonesia. Miniatur air terjun menghiasi rumah dengan luas 5x20 meter persegi.

"Di sini hampir semuanya terancam punah salah satunya ini Nephentes Clipeata," ujar putra salah satu anggota Komunitas Tanaman Kanivora Indonesia.

Sebagian tanaman di rumah konservasi tersebut belum membentuk bunga (Kantong-red). Sebagai pengetahuan diawal pertumbuhan tanaman itu berbentuk daun, hingga akhir daun tersebut akan melekung sehingga berbentuk kantong.

"Mereka ini merupakan tanaman unik karena bisa hidup di lahan atau media yang krisis akan nutrisi," tuturnya.

Secara keseluruhan tanaman yang dilestarikan tersebut merupakan nephentes di dataran tinggi. "Mereka yang dikonservasi untuk dataran tinggi. Mereka dibagi menjadi 3 kategori yakni dataran tinggi, menengah dan rendah," ungkapnya.



» Arsip
» Diakses : 37 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment