Saturday, April 12, 2014

ADA RUMAH KANTUNG SEMAR DI KEBUN RAYA CIBODAS

Ada Rumah Kantung Semar di Kebun Raya Cibodas
Jumat, 11 April 2014

JAKARTA, (PRLM).- Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan meresmikan Rumah Nepenthes atau dikenal Kantung Semar yang merupakan jenis tumbuhan karnivora asli Indonesia. Kegiatan ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-162 Kebun Raya Cibodas yang jatuh pada 11 April 2014.

Sebagaimana siaran pers yang diterima PR Online, Kamis (10/4/2014), peresmian rumah kantung semar itu dijadwalkan dilakukan oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Siti Nuramaliati Prijono di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jumat (11/4/2014).

Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas LIPI Agus Suhatman menuturkan, Kantung Semar memiliki nilai konservasi yang sangat tinggi sebab 37 persen kantung semar yang ada di dunia merupakan jenis yang terancam punah dengan sebaran yang sangat terbatas.

Dia menjelaskan, habitat alami Kantung Semar merupakan kawasan dengan potensi alih fungsi hutan yang tinggi seperti hutan sekunder, hutan rawa, dan hutan kerangas. Sehingga, keberadaan Kantung Semar harus dilestarikan melalui konservasi kantung semar secara ex-situ.

Keberadaan Rumah Nepenthes memiliki keterwakilan jenis kantung semar dataran tinggi yang ada di Indonesia dan menjamin kelestarian kantung semar melalui berbagai upaya perbanyakan dan penelitian di Kebun Raya Cibodas, ujarnya.

Menurut Agus, keberadaan Rumah Nepenthes mulai dirintis sejak 2009. Pengoleksian dari alam tanaman berkantung ini melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Dijelaskan, sampai dengan saat ini terdapat 48 spesies dan 47 hibrida kantung semar yang terdapat di Rumah Nepenthes. Beberapa di antaranya merupakan jenis yang terancam punah menurut kategori IUCN Red List, seperti Nepenthes villosa (vulnerable), N. lowii (rare), N. truncata, N. murudensis, N. talangensis, N. khasiana (endangered), dan N. aristolochioides, N. dubia (critically endangered).

Selain itu, juga terdapat jenis kantung semar yang memiliki nilai konservasi tinggi seperti N. clipeata yang di alam jumlahnya sudah sangat berkurang akibat perdagangan tumbuhan, katanya.

Lebih jauh, Agus menuturkan, sebagai bagian dari peresmian Rumah Nepenthes rencananya akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara UPT BKT Kebun Raya Cibodas LIPI dengan Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia (KTKI).



» Arsip
» Diakses : 63 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment