Wednesday, March 13, 2013

RAKER TINGKAT SATKER 2013: PENGUATAN IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA P2SMTP LIPI

Raker Tingkat Satker 2013: Penguatan Implementasi Reformasi Birokrasi untuk Meningkatkan Kinerja P2SMTP LIPI
Selasa, 12 Maret 2013

Tema Rapat Kerja (raker) Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP)-LIPI di tahun 2013 adalah: Penguatan Implementasi Reformasi Birokrasi untuk Meningkatkan Kinerja P2SMTP-LIPI, di mana Reformasi Birokrasi (RB) menjadi tema utama dalam program LIPI sejak tahun 2010. Raker P2SMTP-LIPI 2013 diselenggarakan di Sumber Alam, Garut, Jumat-Sabtu, 8-9 Maret 2013, dengan suasana yang unik, asri, dan tenang. Acara dibuka dengan menyanyikan bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan Tepuk SMTP.

Dalam pembukaan, Ketua Tim Perencanaan Monitoring dan Evaluasi (PME), Ir. Djoko Agustono, M.Sc. menyatakan bahwa, Raker P2SMTP-LIPI 2013 dimaksudkan sebagai wahana bagi pimpinan untuk secara terbuka melaporkan capaian selama tahun 2012, apa yang sedang dikerjakan pada tahun 2013, dan apa yang akan dilakukan pada tahun 2014. Pelaksanaan raker P2SMTP-LIPI 2013, juga merupakan amanah dari raker LIPI dan raker Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah (Jasil)-LIPI yang telah dilaksanakan beberapa pekan sebelumnya.

Kepala P2SMTP-LIPI, Dr. Ir. Puji Winarni, MA dalam sambutanya menyampaikan: P2SMTP-LIPI telah memiliki banyak cara untuk mengintensifkan komunikasi di antara sivitas di dalam membangun komunikasi yang benar; raker adalah salah satu forum komunikasi yang secara formal dapat dipertanggungjawabkan dan menjadi nilai-nilai budaya organisasi yang kita harapkan mempererat antar sivitas. Pada raker tahun 2013 ini, Ibu Puji memotivasi peserta untuk mengingat kembali janji yang telah kita ikrarkan pada waktu raker tahun sebelumnya (2012), yang semua ditunjukkan untuk P2SMTP-LIPI.

Sementara itu, dalam arahan Deputi Bidang Jasil, Dr. Ir. Fatimah Zulfah S. Padmadinata, DEA, menyatakan bahwa, hasil raker dapat menjadi salah satu landasan kerja sivitas P2SMTP-LIPI ke depan yang lebih baik. Menurut Ibu Fatimah, raker satuan kerja merupakan bagian acara yang dimulai dari raker LIPI, di mana tema besar masih di dalam RB, hingga tahun 2014, kita masih menjalani tahapan-tahapan RB; kemudian dilanjutkan dengan raker kedeputian, yang salah satu komisinya juga membahas RB.

Ibu Fatimah menjelaskan, pada tahun 2014, LIPI akan menghadapi tantangan organisasi, karena LIPI bekerja untuk pemerintah yang tentunya kegiatan-kegiatan yang dilakukan LIPI ditunjukkan untuk meningkatkan kemajuan bangsa dan negara kita menjadi lebih sejahtera, adil, dan makmur yang dilandasi UUD 1945. P2SMTP-LIPI mempunyai peran yang sangat penting. Slogan Besar, Signifikan,dan Nyata (BSN) yang telah diperkenalkan oleh Prof. Dr. Lukman Hakim, M.Sc.Apt., selaku Kepala LIPI, memiliki konsekwensi bahwa peneliti dituntut agar hasil-hasil penelitian harus besar dampaknya bagi masyarakat, signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nyata manfaatnya bagi masyarakat.

Lebih lanjut, P2SMTP-LIPI dituntut untuk dapat membantu berperan dalam peningkatan daya saing, salah satunya membantu industri baik yang sudah advanced maupun industri kecil. Daya saing menjadi salah satu sorotan internasional dan Indonesia belum semaju negara lain; terbukti dari data kompetitif Indonesia yang masih rendah dari beberapa aspek, yaitu dilihat dari kompleksivitas penelitian; indikator-indikator yang diukur yaitu publikasi, diharapkan sivitas dapat mengajukan paper-paper baik nasional maupun internasional yang terakreditasi, karena akan meningkatkan output kinerja organisasi LIPI.

Dukungan semua sivitas dan gedung baru P2SMTP-LIPI harus dapat menjadi pendorong peningkatan kegiatan satuan kerja dengan hasil yang baik, dapat memberikan manfaat yang besar kepada bangsa, negara, dan masyarakat secara signifikan.

Setelah arahan Deputi, acara raker dilanjutkan dengan presentasi Kepala P2SMTP-LIPI tentang Capaian Kinerja Tahun 2012, Indikator Kinerja Utama (IKU) LIPI, dan RB di lingkungan LIPI; dilanjutkan presentasi setiap Kepala Bidang/Bagian tentang capaian selama tahun 2012, apa yang sedang dikerjakan pada tahun 2013, dan apa yang akan dilakukan pada tahun 2014 serta hubungannya dengan RB.

Seusai paparan, para peserta raker berkesempatan bertanya serta berdiskusi. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan Sasaran Mutu 2013, Penetapan Kinerja bidang/bagian yang disaksikan oleh Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah, dan Penetapan Kinerja subbid/subbag yang disaksikan oleh Kepala P2SMTP-LIPI.Pada sesi terakhir, Kepala Tim PME, memaparkan rangkuman hasil-hasil raker P2SMTP-LIPI tahun 2013, dan acara ditutup pembacaan doa bersama agar seluruh sivitas dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam program-program P2SMTP-LIPI. Semangat dan salam SMTP! (Hard, AFS, jak)

» Kontak : P2 SMTP » ARTIKEL TERKAIT :


» Arsip
» Diakses : 58 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment