Wednesday, March 13, 2013

LIPI DUKUNG PENGUATAN KOMPETENSI ILMIAH PENELITI DALAM PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL

LIPI Dukung Penguatan Kompetensi Ilmiah Peneliti dalam Publikasi Jurnal Internasional
Rabu, 13 Maret 2013

(Jakarta, 13 Maret 2013 Humas BKPI LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Ekonomi (P2 E) mendukung penguatan kompetensi peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal ilmiah international. Salah satu langkahnya adalah dengan mengundang Geoffrey J.D. Hewings, Direktur University of Illinois, salah seorang pakar ekonomi terapan dan perencanaan perkotaan sebagai pembicara utama dalam acara seminar bertajuk Strategies for Publishing in International Applied Economics/Urban Planning Journals, di Gedung Widya Graha LIPI Jakarta, Jumat (8/3) pekan lalu. Acara seminar ini dihadiri oleh para peneliti di lingkungan LIPI.

Dalam paparannya, Hewings mengungkapkan bahwa memasukkan paper untuk publikasi dalam jurnal ilmiah internasional memang tidak mudah. Banyak pertanyaan muncul, seperti: Haruskah semua penelitian di publikasikan? Bagaimana cara memilih jurnal jika kita ingin mengirimkan paper? Bagaimana jika di tolak? Masihkah ada peluang?, ungkapnya.

Ia pun memberi solusi, pada prinsipnya peneliti tidak boleh menyerah bila jurnal yang dikirimkan ditolak. Saran-saran perubahan dari reviewers perlu di pertimbangkan sebelum memasukkan paper ke jurnal lain, karena reviewers di jurnal tersebut bisa jadi reviewers di jurnal lain. Dan yang terpenting, pilihlah jurnal yang tepat dan investasikan waktu menulis untuk jurnal yang sesuai, pungkasnya.



» Arsip
» Diakses : 32 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment