Friday, March 15, 2013

6 PERAN LIPI UNTUK BANTU PEMPROV BENGKULU

6 Peran LIPI untuk Bantu Pemprov Bengkulu
Jumat, 15 Maret 2013

(Jakarta, 15 Maret 2013 Humas LIPI). Setidaknya ada 6 isu yang bisa diperankan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam membantu pemanfaatan potensi sumber daya lokal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk peningkatan pertumbuhan ekonominya. Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim mengungkapkan dalam sambutannya, peran tersebut antara lain pertama kesehatan terumbu karang dan hasil tangkap nelayan yang menurun. LIPI bisa membantu dengan penelitiannya, katanya dalam One Day Workshop Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Lokal untuk Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Bengkulu, awal Maret lalu, di Gedung PDII LIPI Jakarta.

Dia melanjutkan, kedua ialah LIPI bisa berperan dalam bimbingan stok sumber daya ikan sidat dan teknik pembesaran ikan sidat yang belum banyak dipahami. Selain itu, ketiga yakni peran yang bisa diambil adalah peningkatan usaha peternakan. Keempat, penanganan pasca panen produk pertanian (kopi dan kelapa). Kelima adalah pemanfaatan sumber daya seperti batu bara, pasir besi dan lainnya. Dan terakhir atau keenam, LIPI bisa juga melakukan kajian lingkungan pesisir, tandasnya.

Menurutnya, LIPI saat ini akan melakukan kegiatan riset dalam aspek biofisik yang terdiri dari lima kegiatan riset terkait ekosistem laut/pesisir dan empat kegiatan di ekosistem darat yang akan dilakukan oleh peneliti LIPI dan dosen di Universitas Bengkulu. Saya berharap dengan kegiatan riset lebih terintegrasi lagi antara peneliti LIPI, Universitas Bengkulu, Pemprov Bengkulu dan Kabupaten Kaur, imbuhnya.

Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah mengatakan, kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Bengkulu, LIPI, dan Universitas Bengkulu telah dilakukan pada 16 Juli 2012 lalu. Kerja sama tersebut dalam bidang pertanian, kelautan dan perikanan, pertambangan, teknologi informasi, dan teknologi tepat guna, jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, kerja sama tersebut membantu Pemprov Bengkulu dalam mengembangkan potensi sumber daya alam guna mendukung pertumbuhan ekonominya. Untuk itu, kepada LIPI kami mengucapkan terima kasih, pungkasnya.(pwd/pwd)



» Arsip
» Diakses : 39 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment