Tuesday, March 26, 2013

LIPI BERENCANA BANGUN PUSAT KONSERVASI TUMBUHAN PESISIR

LIPI Berencana Bangun Pusat Konservasi Tumbuhan Pesisir
Senin, 25 Maret 2013

Batam (Antara Kepri) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama Kebun Raya Bogor berencana membangun pusat konservasi tumbuhan pesisir Indonesia di Kota Batam.

"DED (detail engineering design) sedang dibuat. Mudah-mudahan 2014 sudah dianggarkan di APBN," kata Kepala Dinas Tata Kota Batam Gintoyono Batong di Batam, Senin.

Sama seperti Kebun Raya Bogor, nantinya Kebun Raya Batam akan menjadi pusat konservasi dan penelitian tanaman. Bedanya jika di Bogor tanaman daratan dan pegunungan, maka di Batam lebih fokus pada tumbuhan pesisir.

Pemerintah Kota bersama Badan Pengusahaan Batam mempersiapkan lahan seluas 80-an hektare di Nongsa sebagai Kebun Raya Batam itu.

"Dalam RTRW, kawasan itu memang lahan konservasi, jadi cocok. Kebetulan hutannya juga masih bagus betul," kata dia.

Kebun Raya Batam akan ditempatkan di sekitar kawasan wisata Nongsa. Di sana terdapat danau dan sungai yang masih "perawan".

Nantinya, jika sudah jadi, maka Kebun Raya Batam menjadi hutan kota sekaligus tempat rekreasi keluarga.

Sebelumnya, pada pertengahan 2012, Pemkot Batam menandatangani nota kesepahaman dengan LIPI untuk membangun Kebun Raya Batam.

Usai menandatangani MoU, Ketua LIPI Lukman Hakim mengatakan pembangunan kebun raya di daerah diperlukan untuk melestarikan kekayaan hayati yang nyaris punah.

"LIPI merasa prihatin dengan habisnya lahan di Sumatra, Kalimantan dan Papua sebagai konsekuensi pembangunan tanpa memperhatikan konservasi alam," kata dia.

Diharapkan keberadaan kebun raya di daerah dapat melestarikan kekayaan hayati Indonesia.(Antara)



» Arsip
» Diakses : 58 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment