Wednesday, March 27, 2013

LIPI SIAPKAN TEKNOLOGI ATASI BANJIR JAKARTA

LIPI Siapkan Teknologi Atasi Banjir Jakarta
Rabu, 27 Maret 2013

Kuningan, Wartakotalive.com

Pemanfaatan teknologi diakui peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dapat menjadi solusi dalam pencegahan banjir di wilayah Jakarta.

Robert M Delinom, Peneliti P2 Geoteknologi LIPI, menyebutkan, saat ini wilayah DKI Jakarta terancam tenggelam akibat permukaan tanah yang terus amblas.

Penurunan muka tanah atau amblasan ini tercipta akibat pemanfaatan air tanah yang tidak terukur. "Lokasi wilayah yang mengalami amblasan terbesar adalah wilayah utara dan barat Jakarta. Amblesan di kedua wilayah ini mulai dari 10 cm sampai 25 cm per tahun," jelasnya saat ditemui Wartakotalive.com, Selasa (26/3/2013).

Dia mengatakan, terdapat tiga tingkatan amblasan, yakni amblasan rendah 9-10 cm per tahun, amblasan menengah 15 cm per tahun, dan amblasan tinggi 25 cm per tahun.

Sementara itu, Drs Muh Fakhrudin, Peneliti P2 Geoteknologi LIPI, menambahkan, pendekatan ekohidrologi dalam pengelolaan sumber daya air dapat mencegah banjir di Jakarta.

"Penerapan teknologi ekohidrologi ini ada dua cara, yaitu pemanfaatan situ/ danau dan pembuatan kolam perikanan di beberapa wilayah hulu atau selatan Jakarta," ujarnya.



» Arsip
» Diakses : 38 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment