Thursday, March 7, 2013

HASIL RISET LIPI DIGENJOT UNTUK UKM

Hasil Riset LIPI Digenjot Untuk UKM
Kamis, 7 Maret 2013

Dari 12 belas hasil riset, ada di antaranya riset padi gogo yang lebih tahan akan kekeringan.

Empat dari 12 hasil riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah masuk sebagai produk prototipe untuk program inkubasi di Cibinong Science Center, Cibinong, Jawa Barat.

Kepala Pusat Inovasi LIPI Bambang Subiyanto menegaskan, 12 hasil riset tersebut yang sudah ditetapkan hingga Desember 2012. Ditargetkan, akan melaksanakan penerapan atau adopsi riset bagi industri terutama industri usaha kecil dan menengah (UKM).

Bambang menuturkan, hasil riset di antaranya riset padi gogo yang lebih tahan akan kekeringan. Sementara keempat hasil prototipe riset yakni teknologi transportasi udang galah dan pakan larva udang galah dari Pusat Penelitian Limnologi LIPI, serta Flavour Strip, dan pakan pelet biomassa dari Pusat Penelitian Fisika LIPI.

Infrastruktur dan program inkubasi teknologi yang dikelola Pusat Inovasi di kawasan Cibinong Science Center menjadi penting. Misi utama inkubasi teknologi adalah memfasilitasi dan melahirkan berbagai teknologi yang terutama berbasis hasil riset LIPI sendiri.

Hasil-hasil riset LIPI yang masuk dalam HKI telah meningkat secara signifikan. Sebelum tahun 2001 jumlah paten terdaftar di LIPI adalah 16, sedangkan pada 2012 yang lalu yang terdaftar LIPI sebanyak 296 paten, sebelas desain industri, tiga perlindungan varietas tanaman, 26 hak cipta, dan 25 merek dagang.

Ia melanjutkan, walau menunjukan perkembangan yang cukup signifikan, pendayagunaan paten tersebut masih sedikit yang oleh UKM. Tercatat, pada 2010-2012 terdapat 10 teknologi LIPI yang telah dikembangkan jadi produk contoh, 17 teknologi telah melalui tahapan prainkubasi serta 15 teknologi sedang melalui tahapan inkubasi.

(Gloria Samantha. Pelbagai sumber)



» Arsip
» Diakses : 41 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment