Friday, March 22, 2013

LIPI: RESI GUDANG BISA ATUR PASOKAN BAWANG

LIPI: Resi Gudang Bisa Atur Pasokan Bawang
Jumat, 22 Maret 2013

INILAH.COM, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyarankan kepada pemerintah agar membuat sistem resi gudang sehingga di saat produksi turun pasokan bawang tetap lancar.

Demikian disampaikan Peneliti LIPI, Dhani Agung kepada INILAH.COM di Jakarta, Jumat (22/3/2013). "Prosesnya memang agak rumit, tapi untuk mensiasati di saat tidak musim, resi gudang cukup efektif mengatasi kekurangan pasokan dan efektif mengontrol harga," kata Agung.

Menurut Agung, dengan adanya sistem resi gudang tersebut pemerintah bisa mengatur pasokan, meski di saat yang sama produksi sedang menurun. Musim tanam hingga produksi bawang terjadi pada bulan Mei hingga Oktober.

"Untuk dua sampai tiga bulan penyimpanan saya rasa bisa, tapi untuk lebih dari tiga bulan tidak bisa. Pasalnya bawang merupakan komoditas pangan yang tidak bisa disimpan untuk waktu yang lama," kata Agung.

Meski pada pelaksanaanya sistem resi gudang terbilang rumit, dirinya menyarankan kepada pemerintah agar memberikan sosialiasi dan pelatihan kepada petani. "Hanya perlu sedikit sosialisasi dan pelatihan saja, tapi dengan adanya resi gudang ini akan menjadi buffer stock di saat tidak musim," kata Agung. [hid]



» Arsip
» Diakses : 15 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment