Wednesday, July 2, 2014

PUSBANG TTG DIHARAPKAN GENJOT DAYA SAING EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA

Pusbang TTG Diharapkan Genjot Daya Saing Ekonomi Masyarakat Indonesia
Rabu, 2 Juli 2014

(Subang Humas LIPI). Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna baru saja berganti status menjadi Pusat Pengembangan (Pusbang) Teknologi Tepat Guna (TTG) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rabu (25/6) lalu.

Pergantian status itu diresmikan oleh Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim didampingi sejumlah pejabat eselon I & II di lingkungan LIPI. Tampak hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang yang mewakili Bupati menyaksikan peresmian tersebut.

Kepala LIPI dalam sambutannya menandaskan, peningkatan status eselonisasi menjadi Pusbang TTG diharapkan akan menggenjot daya saing ekonomi masyarakat Indonesia secara umum dan masyarakat Subang secara khusus.

Diharapkan pula Pusbang TTG yang telah berkiprah selama 31 tahun mampu memberikan sumbangsihnya dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN 2015. Itu mengingat saat ini Indonesia masih menghadapi ketimpangan penghasilan, tingginya tingkat kemiskinan dan perlu memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), tambah Lukman.

Kepala Pusbang TTG Dr. Ir. Yoyon Ahmudiarto melanjutkan, pihaknya akan melakukan berbagai langkah untuk mendukung pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN. Keanekaragaman jenis pangan khususnya yang berada di Kabupaten Subang harus menjadi perhatian khusus kami untuk menaikkan penghasilan masyarakat, jelasnya.

Dikatakannya, keberadaan Pusbang TTG juga penting sebagai acuan berbagai kebijakan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi rakyat, pengurangan pengangguran dan yang terkini adalah pembangunan desa melalui Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang desa. Terkait dengan UU tersebut, kucuran anggaran ke desa nantinya harus dijaga menjadi investasi, bukan sekedar konsumsi yang akan habis sekejap, tambahnya.

Sementara itu dilain hal, Sekda Kabupaten Subang Drs. H. Abdurahman, M.Sc. menyambut baik atas perubahan status menjadi Pusbang TTG. Kami mengucapkan terima kasih kepada LIPI karena perannya sebagai mitra kerja dalam meningkatkan UMKM yang ada di Subang, tutupnya. (sp,pw)



» Arsip
» Diakses : 39 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment