Tuesday, July 1, 2014

P2 OSEANOGRAFI LIPI MILIKI KANTOR DAN LABORATORIUM BARU

P2 Oseanografi LIPI Miliki Kantor dan Laboratorium Baru
Senin, 30 Juni 2014

(Jakarta Humas LIPI). Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Lukman Hakim telah meresmikan kantor dan laboratorium baru Pusat Penelitian (P2) Oseanografi LIPI, Senin (23/6) lalu. Dengan persemian tersebut, maka Pusat Penelitian yang berada di Kawasan Ancol, Jakarta Utara itu memiliki kantor dan laboratorium baru yang terdiri dari lima lantai. Tiga lantai di antaranya menampung laboratorium genetika molekuler, produk alam laut, dan penginderaan jauh.

Kepala LIPI dalam sambutannya mengatakan, fasilitas baru tersebut diharapkan memacu para peneliti untuk mengembangkan riset kelautan yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini mengingat riset kelautan di Indonesia masih ketinggalan dibanding negara lain karena masalah fasilitas dan sumber daya manusia.

Kita sekarang mesti bersyukur ada laboratorium baru, tahun depan ditingkatkan lagi, ini adalah investasi besar bangsa Indonesia, tandas Lukman.

Menurutnya, LIPI masih perlu melakukan pembaruan fasilitas dan peralatan riset selain penambahan fasilitas baru tersebut. Riset Indonesia sudah ketinggalan, hampir tidak ada investasi baru sejak 1982, padahal riset butuh peralatan yang memadai, jelasnya.

Di lain hal, Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI Prof. Dr. Iskandar Zulkarnaen menambahkan, keberadaan tiga laboratorium anyar yang baru saja diresmikan sangat penting dalam memberikan nilai tambah sumber daya hayati laut. Saya berharap dengan laboratorium baru disertai aplikasi teknologi remote sensing, kita dapat memprediksi adanya perubahan-perubahan ekosistem pantai dan laut dengan cakupan yang sangat luas, ungkapnya.

Sementara dari aspek riset, lanjutnya, pihaknya akan membentuk kelompok-kelompok penelitian yang merupakan gabungan peneliti dengan berbagai disiplin ilmu, sehingga dapat memberikan solusi bagi permasalahan kelautan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki. (dn)



» Arsip
» Diakses : 101 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment