Tuesday, July 1, 2014

HASIL-HASIL RISET LIPI TAMPIL DI GELAR TTG NASIONAL KE-XVI 2014 SAMARINDA

Hasil-hasil Riset LIPI Tampil di Gelar TTG Nasional Ke-XVI 2014 Samarinda
Senin, 30 Juni 2014

(Samarinda Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menampilkan puluhan hasil risetnya tatkala berpartisipasi dalam Pameran Hasil Riset bertajuk Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional Ke-XVI 2014 pada 18 hingga 23 Juni 2014 lalu.

Berbagai hasil riset yang tampil pada pameran yang digelar di Stadion Madya Sempaja, Samarinda Provinsi Kalimantan Timur tersebut berasal dari beragam satuan kerja di lingkungan Kedeputian Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI.

Hasil-hasil tersebut, antara lain Banyu Mili, Tirta Mili (alat pengolahan air bersih), makanan olahan (mie jagung, hasil pengalengan, tempe kari, foodbars), olahan pakan (lemofit, herbalomix imuno-chick), olahan herbal (chitosan & sabun transparan), dan CD tentang LIPI, buku buku serta berbagai booklet, maupun leaflet tentang LIPI.

Pameran Gelar TTG sendiri mengusung tema Dengan Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing Bangsa Menuju Kemandirian masyarakat. Pameran tersebut merupakan kegiatan tahunan yang sebagai ajang pertukaran informasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sebanyak 400 stand pameran meramaikan kegiatan tersebut. Selama digelarnya pameran, jumlah pengunjung pun diperkirakan mencapai 8.000 orang.

Pembukaan pameran dilakukan oleh Wakil Presiden RI Boediono juga bersamaan dengan penyerahan Young Inventor Award yang diselenggarakan LIPI dan pemenang Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) dari seluruh provinsi Indonesia.

Jika setiap daerah telah memiliki sentra inovasi dan sentra koordinasi pengembangan TTG, diharapkan peran Posyantek di setiap kecamatan akan lebih maksimal yang dapat meningkatkan penemuan baru dan pengembangan teknologi, ungkap Boediono.

Untuk itu, Wakil Presiden meminta masing-masing kepala daerah harus bisa membentuk sentra koordinasi dan bisa mengkoordinasikannya. (ks)



» Arsip
» Diakses : 78 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment