Saturday, November 15, 2014

Awak Stasiun Antariksa Internasional kembali ke Bumi

Washington (ANTARA News) - Tiga astronot yang menjadi awak Stasiun Antariksa Internasional (ISS) menumpang roket Soyuz milik Rusia, Minggu waktu AS, untuk memulai perjalanan balik ke Bumi, kata NASA.

Komandan ISS, kosmonot Rusia Maxim Surayev, rekannya dari Amerika Serikat Reid Wiseman dan astronot Jerman Alexander Gerst dari Badan Antariksa Eropa (ESA) berada di laboratorium ruang angkasa selama 165 hari.

Para awak meninggalkan ISS pukul 00.31 GMT (07.31 WIB) dan diperkirakan mencapai Bumi pukul 10.58 malam waktu Kazakhstan tepatnya di Arkalyk.

Ketiga awak difoto sedang tersenyum dan saling merangkulkan tangan mereka sebelum perjalanan pulang ke Bumi.

NASA mengatakan keberangkatan Wiseman, Gerst dan Surayev ke Bumi menandai akhir Ekspedisi 41. Mereka menjalani misi di ISS untuk memperbaiki peralatan, perawatan dan eksperimen.

Surayev menjalani misi ISS terlama kedua, sedangkan dua astronot lainnya baru menjalani lawatan pertamanya ke ruang angkasa.

Tiga awak ISS lainnya bertahan di ISS untuk melanjutkan riset dan perawatan stasiun ruang angkasa itu, kata NASA.

Televisi NASA mengudarakan secara langsung deorbit dan mendaratnya Soyuz di Bumi di http://www.nasa.gov/nasatv.

NASA kehilangan kemampuannya dalam mencapai stasiun ruang angkasa ketika program ulang alik diakhiri pada 2011 setelah 30 tahun beroperasi.

NASA telah membantu perusahaan-perusahaan swasta dalam mendorong restorasi akses AS ke ISS.

Sementara itu, para astronot seluruh dunia mesti mengandalkan pesawat ruang angkasa Rusia Soyuz menuju ISS dan sebaliknya, dengan ongkos 70 juta dolar AS per kursi.

Ada 15 negara yang menjadi peserta program ISS, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2014



View the Original article

No comments:

Post a Comment