Saturday, September 13, 2014

Kunjungan Mahasiswa FMIPA Universitas Pakuan ke Puslit Bioteknologi LIPI, 8 September 2014

| Print |

Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan-Bogor mengadakan kunjungan industri ke Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI,

yang diikuti oleh 47 orang mahasiswa beserta dosen pedamping pada hari Senin, 8 September 2014. Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiwa Program Studi Kimia dalam aplikasi dan ruang lingkup pekerjaan bidang kimia. Melalui kunjungan ini diharapkan dapat terjalin kerjasama yang baik kedepan.

Acara yang dibuka oleh Kepala Sub Bagian Diseminasi dan Kerja Sama Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dilanjutkan dengan arahan yang disampaikan oleh perwakilan pihak Universitas Pakuan kemudian menuju acara inti sekilas paparan tentang kegiatan di Pusat Penelitian Bioteknolgi LIPI yang disampaikan oleh narasumber Ibu Esti Baina, S.Pt.

kunjunganfmipapakuan2014akunjunganfmipapakuan2014b

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara kunjungan ke 3 Laboratorium diPusat Penelitian Bioteknologi LIPI, yaitu ke  Laboratorium Kimia Bahan Alam (Laboratory of Natural Product Chemistry) yang memiliki kompetensi inti penelitian dan pemanfaatan senyawa kimia bioaktif dari tumbuhan obat Indonesia dan mikroba endofit, penentuan struktur kimia senyawa baru dan aktivitas biologi, pelayanan laboratorium pengujian bioteknologi bidang kimia. Bapak Uus Faizal Firdaussy, Ibu Warda dan Ibu Avi Octavina bertindak sebagai pemandu kunjungan tersebut.

Kunjungan berikutnya dilanjutkan ke Laboratorium Bioenergi dan Bioproses (Laboratory of Bioenergy and Bioprocess) yang dikepalai oleh Dr. Dwi Susilaningsih. Laboratorium ini memiliki kompetensi inti diantaranya mengembangkan bioenergi dari mikroba fotosintesa, mengembangkan total proses dari bioenergi (biorefinari dari bioenergi).

Dan yang terakhir yaitu menunjungi Laboratorium Mikrobiologi Terapan (Laboratory of Applied Microbiology) salah satu lab yang berada digedung Meat Milk Pro. Laboratorium ini memiliki kompetensi inti diantaranya memanfaatkan mikroorganisme dan turunannya untuk produksi pangan dan pakan selain itu juga sebagai salah satu bagian dari laboratorium pengujian bioteknologi di Bidang Mikrobiologi. (Avi Fibry Octavina-Humas).



View the Original article

No comments:

Post a Comment